Sabtu, 26 Maret 2011

Ikuti Pengaturan Waktu yang Baik

Apapun aktivitas yang Anda lakukan, baik itu bekerja, belajar, atau bahkan beristirahat pasti memerlukan waktu. Tapi sayangnya, masih sedikit orang-orang yang bisa mengelola waktu dengan baik. Makanya nggak heran jika banyak orang yang mengeluh kekurangan waktu. Kegagalan memenuhi deadline di kantor pun tak terlepas dari alasan klasik 'kekurangan waktu'. Padahal hal ini tidak perlu terjadi jika Anda mampu mengatur dan mengelola waktu Anda setiap harinya. Nah, Anda tentu ingin mengelola waktu dengan sukses bukan? Mungkin mengelolanya adalah hal yang cukup sederhana. Anda tinggal menuliskan pengaturan waktu dari jam sekian sampai jam sekian. Namun pelaksanaan mematuhi pengaturan waktu itulah yang sulit. 
Nah mulai sekarang niatkan diri Anda untuk mengatur sekaligus memenuhinya. Anda bisa memulainya sejak pagi hingga akhir hari. Coba ikuti aturannya berikut ini: 
- Pada pagi hari, sebelum melaksanakan aktivitas apapun, coba isi agenda kerja Anda untuk hari ini. Rencanakan semua kegiatan Anda selengkap mungkin. Susunlah sesuai dengan skala proritas tujuan Anda. Jangan hanya menentukan kapan Anda melakukan kegiatan, namun juga berapa lama, dan apa yang harus Anda kerjakan selanjutnya jika kegiatan utama tersebut gagal dilaksanakan. Setelah selesai, hitung berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk menyusun rencana itu. 
- Ketika hari sudah siang, teliti kembali agenda Anda tersebut. Lalu tuliskan apakah kegiatan yang Anda lakukan telah sesuai dengan rencana, atau ada banyak penyimpangan. Nilailah diri Anda sendiri bagaimana Anda mengisi waktu Anda. Pertanyakan pada diri sendiri, apakah agenda yang Anda susun pagi hari tadi cukup bermanfaat? 
- Tuliskan semua hal yang telah menginterupsi waktu Anda. Misalnya jam 10 Anda ngobrol di telepon dengan si X, jam 11 chatting dengan si Y, jam 2 gaul di kantin, dll. Catat juga berapa lama waktu Anda terpangkas untuk melakukan hal-hal tersebut. Hal inilah yang sebaiknya Anda batasi dan hindari keesokan harinya. 
- Tinjau kembali agenda Anda untuk siang hingga sore nanti. Lakukan revisi bila Anda merasa perlu melakukannya. Mungkin Anda harus menambahkan kegiatan baru, menunda ataupun membatalkan kegiatan yang telah Anda rencanakan di pagi hari. Kegiatan ini bertujuan untuk menilai kemampuan Anda menyusun perencanaan di muka, sekaligus flesibilitas Anda terhadap tuntutan perubahan. 
- Pada penghabisan waktu, coba lihat kembali seluruh kegiatan Anda hari itu. Dengan demikian, Anda akan mengetahui apakah Anda cukup puas dengan apa yang Anda lakukan? Apakah anda merasa mampu mengelola waktu Anda dengan baik? Jika tidak, Anda bisa mulai memberlakukan waktu yang ketat bagi diri Anda sendiri. Bukankah ini demi kebaikan Anda juga? 
Ingat loh, waktu itu tidak bisa diputar ulang. Jika waktu sudah berakhir Anda tidak bisa kembali ke waktu yang telah berlalu. Waktu bagaikan anak panah yang melesat cepat. Maka manfaatkan dan berdayakan waktu yang Anda miliki sebaik-baiknya. Jika tidak, Anda akan tertinggal di belakang, sementara orang-orang sudah hampir mencapai garis finish. Jangan sampai Anda menyesal karena tidak bisa mengatur waktu. Semoga berhasil..! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar